Deteksi Kerusakan, Pengapian atau Karburatornya’


Lazimnya motor sulit dihidupkan jika dalam kondisi, motor jarang dihidupkan atau mesin dalam keadaan dingin sehingga sulit untuk dihidupkan kembali. tapi ada satu kasus dimana jika motor sudah hidup selama satu jam, mesin sulit dihidupkan lagi nah loh… kenapa coba…..

mesinpanas1

mari kita bahas… lazimnya jika kondisi setelan karburator masih standar pabrikan, penyebabnya bisa timbul akibat ukuran kerenggangan klep dan kerenggangan busi… jika kerenggangan klep terlalu sempit, karena bahan baja atau logam memeliki kemampuan untuk memuai akibat panas yang ditimbulkan oleh pembakaran dan gesekan, oleh karena itu jika kerengangan klep sempit, klep akan memuai sehingga pelatuk klep akan menekan ujung klep sehingga dapat terjadi kebocoran kompresi sehingga mesin akan sulit dihidupkan jika mesin dalam keadaan panas. kedua bisa diakibatkan dari jarak kerenggangan busi yang terlalu rapat atau jauh… jika terlalu rapat maka bukannya terjadi percikan malah terjadi sambungan sehingga mesin bisa ngebrebet bro.. terus kalo kejauhan udah [asti mesin jadi sulit hidup karena jarak main terlalu jauh sehingga busi tidak dapat melentik stabil.

Jika setelah diperbaiki ternyata masih juga sulit hidup…. berarti bisa dipastikan dari komponen pengapian. komponen yang mengalami kerusakan adalah coil, cdi, pulser, spull pengapian. mari kita bahas satu satu yah…

  1. coil adalah suatu kumparan yang berfungsi untuk meningkatkan tegangan dari keluaran cdi, sehingga busi bisa memercik. coba cek coilnya dengan cara membuka tutup busi kemudian dekatkan ujung coil ke massa ( jarak 1 – 2 cm) kemudian engkol, jika terjadi pecikan yang kuat dan api biru, berarti koil masih baik
  2. spull pengapian adalah suatu kumparan yang bekerja berdasarkan GGL induksi akibat putaran magnet. pengecekannya bisa dilakukan sama dengan coil. jika tidak terjadi percikan maka penyebabnya adalah dari spull. kondisinya bisa ada percikan tapi kecil atau kadang2 memercik ini tandanya spull sudah lemah wajib ganti deh…. jangan lupa cek spull

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s