Deteksi Asap Pada Motor 4 Tak

Posted on March 4, 2009. Filed under: Uncategorized |


Motor 2 tak ngebul ? itu sih biasa karena adanya oli samping yang terbakar, di ruang bakar. tapi kalo mesin 4 tak ngebul baru itu tidak biasa loh !. itu merupakan tanda ada yang tidak beres di dalam mesin motor anda. tenang tak perlu panik tinggal cermati asap dari knalpot, dari sana bisa diketahui bagian mana yang mengalami kerusakan.

asap_1asap_2asap_3

contoh jika warna asap hitam keabu-abuan itu tandanya campuran bensin terlalu banyak/kaya di dalam karburator, ini bisa diperbaiki dengan melakukan settingan karburator. lain halnya jika yang keluar asap putih kaya asap rokok, itu tandanya ada oli yang ikut terbakar di ruang bakar, akibatnya oli akan berkurang secara perlahan.(Gbr 1)

oli yang terbakar tadi dapat disebabkan oleh karena lemahnya kinerja ring piston (Ring Oli) yang sudah tidak sanggup menahan oli di kruk as supaya tidak bocor ke ruang bakar. (gbr 2)

bila itu terjadi terjadi silahkan mengganti ring piston, tetapi jika kerusakan lebih parah seperti terdapat kerusakan/ baret pada dinding liner, maka harus dilakukan oversize baik pada boring maupun pistonnya.

sebeb yang kedua, bisa diakibatkan oleh seal klep  (gbr 3) yang sudah kedaularsa atau rusak. seal klep ini berfungsi menahan oli yang berada di dalam kepala silinder agar oli tidak masuk melalui klep masuk maupun klep buang. seal klep lama kelamaan akan mengalami penurunan elastisitas sehingga menjadi keras sehingga pada bagian yang bergesekan sering terjadi gosong tapi untuk menggantinnya tinggal siapkan uang 20 ribu rupiah saja…. murahkan…

About these ads

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

16 Responses to “Deteksi Asap Pada Motor 4 Tak”

RSS Feed for Ridwanstar's Blog Comments RSS Feed

mio saya selalu ganti oli setiap 1 minggu sekeli

karena setiap satu minggu pasti oli sudah habis

trus selalu keluar asap putih dari knalpot?//dan baru tadi saya lihat keluar juga asap putih dari karburator???yang saya tnya pa sich kerusakan mesin mio saya??/dan bagaimana mengatasi masalah itu dan bagaimana cara perbaikan nya??//

halo bung rido…. kalo udah tau kondisinya kayak gitu… yaitu oli mesin suka habis atau menyusut… wah itu sih perlu perhatian khusus, oli itu kalo di motor 4 tak fungsi nya untuk melumasi bagian dalam mesin, jika oli tsb menyusut bahkan habis ini ada gejala nya ada dua . yaitu seal klep bocor sehingga oli masuk ke ruang bakar alhasil terjadi ngebul asap putih bro… kedua dari ring oli yang sudah lemah sehingga oli yang harusnya berada di dalam mesin bisa naik ke ruang bakar… jika dibiarkan akan menyebebkan kerusakan dalam komponen mesin, terutama busi jadi cepat mati…. solusinya bro… ganti seal klep dan ganti ring piston set.. juga cek liner boring mionya apa tergores atau tidak … jika ada goresan sebaiknya ikut dibubut kemudian ganti set piston sama ringnya mengitu diameter liner yang telah dibubut…. ok jangan lupa ganti paking juga yaa… semoga membantu

mau nanya,
motor saya vega r tahun 2004
koq motor saya dalam keadaan netral jika di gas pol/hampir pol ngeluarin asap hitam ya???

halo fian… ok saya bantu masalah anda, kalo asap hitam pada motor anda biasanya disebabkan oleh settingan karburator yang terlampau boros, sehingga terlalu banyak bahan bakar yang terbakar hasilnya terjadi asap hitam. yang kedua saya mau tanya apa sudah pernah membersihkan ruang bakar….. ??? kalo belum coba dicek ruang bakar jika terdapat kerak berlebihan bisa mngakibatkan asap hitam ujung ujungnya malah boros bensin loh…… sekalian cek kondisi klep, dan seal klep. apa terdapat kebocoran… jika semua sudah dilakukan… saya jamin deh motornya normal kembali

Mau tanya neh, motor saya Supra,kemaren abis bersih2 bongkar kop setelah dibetulin kok malah knalpot keluar asap putih? pada hal seal dan perpak udah ganti yg baru,apa sebab ya? trims’…

halo prend q pgn nny2 nich mtorq vega th 2001 kok oli msin bru disi 1 mggu kok brkrg y?pdhl dh q srvisin gt m d bnyi sak2 gt dbgian msin yg knan mhon djwb y tanx

klo motor sya legenda 1,,klo di bawa pelan tidak keluar asap…
tp kalau di bawa kebut,,,maka akan kluar asap ngebul seprti asap rokok…
klo sprti itu apa yg mesti sya ganti mas…

semua komponen piston dan bagian depan mesin (seal klep, klep ) harus dibersihkan dan di lakukan penggantian part

saya punya supra x 125 tahun 2005.Setiap pagi sebelum jalan saya selalu memanaskan mesin terlebih dahulu,namun ketika saya coba gas agak besar selalu keluar asap putih tetapi tidak lama,bila saya coba gas lagi asap itupun hilang,namun itu tidak setiap pagi terjadi.Gejala apa itu sebenarnya?mohon penjelasannya.terima kasih.

terima kasih romi rose telah mengunjungi blog saya….jadi kalo dilihat dari kasusnya, gejala keluar asap di pagi hari kemudian hilang itu adalah akibat dari penumpukan kerak karbon sisa bahan bakar yang tidak sempurna di bakar (hal ini umunya disebabkan oleh pemakaian bbm yang buruk atau dari pengapian yang lemah sehingga bbm tidak terbakar sempurna menghasilkan kerah di ruang bakar), kerak yang ditimbulkan berakibat pada terbukanya celah / gap pada klep (klep tidak menutup sempurna klep in and out) sehingga oli yang mengalir dari bak mesin menuju silinder head akan bocor dan turun ke ruang bakar, ini juga akibat dr seal klep yg sudah menjadi getas ====> ketika motor sudah selesai digunakan dan didiamkan oli tsb akan masuk ke ruang bakar, dan ketika pagi harinya dinyalakan oli akan terbakar mengakibatkan asap putih keluar melalui knalpot, karna bocornya masih kecil oli akan habis terbakar dan hilang tetapi hal ini akan berlanjut terus menerus sehingga oli mesin anda akan berkurang dan bisa berakibat fatal bagi mesin…… solusinya adalah anda segera membuka silinder head dan membersihkannya dari kerak kemudian mengganti semua paking dan seal yang berada di silinder head dan ruang bakar…. jika pemasangan dan sparepart yang digunakan baik.. motor anda akan berhenti mengeluarkan asap putih tsb…..

sekian analisa dari saya, semoga bermanfaat terima kasih

Vega R kenalpot keluar asap hitam keabu abuan dan setelan angin carburator tidak bisa di seting.diganti carburator baru setelan angin tetap tidak bisa di seting. trims atas bantuannya bang

haloo baru balik lagi nih.

hmmm kalo menurut gua, setelangan angin gak bisa di setting karna ada kebocoran di bagian porting, klep bocor, setiingan klep tidak tepat, karbu rusak.

porting : cek portingan di sambungan apa karetnya udah keras atau ada lubang atau celah, kalo ada segera ganti karet atau di lem juga bisa
klep : cek settingan klep apa sudah tepat tidak telalau dalam atau keluar, kemudian cek klep menutup sempurna atau tidak, kalao tidak berarti pembakaran tidak bagus , bocor kompresi sehingga sulit setting karburator
karburator : cek bagian baut settingan angin (liat bagian dalamnya karetnya masih berfungsi atau tidak ), main jet, pilot jet liat kondisinya ?

lakukan pemeriksaan, semoga membantu

om. sya penggung pulsar 135. jika di gas sampe lebih dr 6500rpm. kluar asep hiam,prnh gnti sealklep tp cuma than 4blan

jika keluar asap hitam tidak perlu khawatir …. asap hitam disebabkan
1. karna sistem pengaturan bahan bakar yang tidak pas sehingga bahan bakar dalam prosesnya menjadi lebih boros- bisa dilakukan dengan setting kembali komponen karburator
2. cek knalpot.. asa hitam bisa diebabkan oleh muffler atau peredamnya yang sudah usang

om sy gnti seal klep 4bln yg lalu, tp skr kambuh lg. sy liat di kpla klep berkerak sma kya sblm gnti seal klep. 1minggu lalu sy gnti lg trus di skir. tp skr menunjukan gejala yg sama. penyebab seal nya jebol trs apa?

penyebab seal jebol dapat dikarnakan

1. udara dalam mesin tidak bersirkulasi dengan baik sehingga mesin overheat dan menyebabkan seal menjadi cepat rusak– ini bisa diperbaiki dengan melihat saluran udara mesin apa tersumbat dan sirkulasi pompa oli
2. seal jebol bisa disebabkan karena rusaknya batang katup in or ex sehingga merusak seal— cek kelurusan batang katup in dan ex dan sirkulasi oli di bagian depan mesin


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: